Download 10 Soal Ujian/Ulangan Semester kelas X tingkat SMA mata pelajaran Sejarah

Download 10 Soal Ujian/Ulangan Semester kelas X tingkat SMA mata pelajaran Sejarah

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan padat !
  1. Banyak peninggalan hasil budaya manusia zaman pra aksara yang sampai saat ini masih digunakan. Bagaimana menurut pendapat kamu tentang hal tersebut !
  2. Corak kehidupan manusia pra aksara, segalanya masih sangat sederhana, baik itu pola hunian, peralatan maupun kepercayaan. Bagaimana menurut pendapat kamu jika dibandingkan dengan zaman sekarang !
  3. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan ras. Bagaimana menurut kamu tentang banyaknya perbedaan yang terkadang terjadi konflik akibat adanya perbedaan tersebut !
  4. Jika kamu menemukan benda hasil budaya pra aksara di sekitar tempat tinggalmu, keputusan apa yang akan diambil terhadap penemuan benda tersebut!
  5. Kebudayaan dari luar masuk ke Indonesia misalnya budaya Hindu dan Budha kedua budaya tersebut mempengaruhi budaya asli budaya Indonesia. Bagaimana menurut pendapat kamu !
  6. Kejayaan bangsa Indonesia sudah tercipta sejak abad ke-7 sampai ke-14 seperti berdirinya kerajaan Sri Wijaya dan kerajaan Majapait. Jika kamu hidup pada masa tersebut, apa yang akan kamu lakukan untuk masa kini !
  7. Ratu Sima adalah penguasa di kerajaan Kalingga. Ia seorang pemimpin wanita yang tegas taat terhadap hukum dan tanpa pandang bulu. Jika kamu kelak menjadi seorang pemimpin apa yang akan kamu lakukan terhadap bangsa dan negara !
  8. Pada masa pemerintahan raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, kerajaan Maja Pahit mencapai puncak keemasan wilayahnya sangat luas melebihi luas wilayah Republik Indonesia tapi akhirnya runtuh juga hal ini disebabkan oleh ketidak puasan sebagian besar keluarga raja dan juga terjadi perang saudara. Melihat kenyataan ini tindakan apa saja yang perlu diambil oleh kamu jika menjadi penguasa di kerajaan Maja Pahit !
  9. Dalam kehidupan beragama, dikerajaan Tarumanegara terdapat 3 agama besar yaitu Hindu, Budha dan Animisme. Raja Purnawarman sendiri memeluk agama hindu sementara rakyatnya memeluk agama Budha dan Animisme tapi hidup damai. Hal apa saja yang perlu kamu ambil jika menjadi penguasa dikerajaan Tarumanegara ?
  10. Kehidupan politik pada bagian awal dikerajaan Kediri ditandai dengan perang saudara antara Samarawijaya yang berkuasa di Panjalu dan Panji Garasakan yang berkuasa di Jenggala, mereka tidak dapat hidup berdampingan. Apa yang kamu lakukan jika kamu menjadi salah satu pemimpin di kedua kerajaan tersebut ?

Semoga bermanfaat dan selamat belajar sejarah.

Related

Kumpulan Soal Ujian 5064538648296495216

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item