Majalengka Utara Diproyeksikan sebagai Centra Pertanian dalam Menghadapi Majalengka Aero City

Menghadapi dibangunnya Bandara Internasional Jawa BArat (BIJB) di Kertajati ini terntunya banyak hal yang harus berubah dan perubahan itu diharapkan adalah perubahan ke arah yang lebih baik. Pembagian proyeksi wilayah di Kabupaten Majalengka memasuki "Majalengka Aero City" telah menetapkan pembagian wilayah di Kabupaten Majalengka seperti yang dikutif dari Harian Seputar Indonesia dibawah ini

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka menegaskan, daerah yang berada di bagian utara Kabupaten Majalengka segera ditetapkan sebagai daerah sentral pertanian. Hal tersebut, berdasarkan letak geografis Majalengka bagian utara yang berada di dataran rendah. Kepala Badan Pelaksana, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Majalengka A. Ghani mengatakan, selama ini pasokan padi Kabupaten Majalengka mayoritas berasal dari daerah tersebut. “Di Majalengka utara, menjadi sentra padi.Karena cuaca panas di sana cukup tinggi.
Tapi, pasokan air juga masih memadai,” kata Ghani kepada SINDO, kemarin. “Dan dalam setiap musim panen, Kabupaten Majalengka mengalami surplus.Dibandingkan Kabupaten/ Kota lain di Jawa Barat, Kabupaten Majalengka berada diatas rata- rata, ”tambah dia. Kendati demikian, dijelaskan Ghani, pada musim kemarau ini, petani di daerah Majalengka utara diimbauuntuktidakmenanam padi.
Petani yang biasa menanam padi,hendakanya beralihke jenis tanaman lain, seperti bawang merah.“Bawang merah ini tidak membutuhkan waktu yang lama dari nanam sampai dengan panen. Dantanaman ini cocok untuk Majalengka bagian utara ini,” jelas dia. Sementara itu, seiring adanya mega proyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Majalengka bagian utara diproyeksikan untuk menjadi pusat industri.
Namun demikian, Bupati Majalengka Sutrisno menegaskan, rencana industrialisasi di daerah tersebut, tidak akan berdampak kepada terancamnya lahan pertanian produktif. “Industri hanya akan menggunakan lahan pertanian yang kurang produktif.Adapun lahan produktif, tetap akan menjadi sentral pertanian,”tegas Bupati. (inin nastain)

Sumber: Harian Seputar Indonesia - Senin, 11 Juli 2011

Sebagai putra Majalengka sangat berharap Pertanian di Kabupaten Majalengka tetap terus maju dan para petani semakin sejahtera karena memang Majalengka mempunyai potensi pertanian yang bagus

Informasi lain mengenai rencana dibangunnya Kereta Api bawah tanah
Reaksi: 

Related

Info Daerah 6565602300978279237

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item