INILAH ATURAN DASAR PERMAINAN OLAHRAGA BOLA BASKET



Setiap permainan/pertandingan olahraga tentu memiliki aturan main tak terkecuali dengan permainan olahraga bola basket ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini setelah Anda mengenal apa itu permainan bola basket dan kini saya akan mengenalkan bagaimana aturan dasar dalam permainan olahraga bola basket. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa setiap tim memiliki jumlah pemain sebanyak 5 pemain dilapangan pertandingan dan memiliki beberapa pemain cadangan untuk mengganti pemain yang sedang bertanding.

Berapa Nilai atau skor yang diberikan kepada tim?

Berbeda dengan pertandingan sepak bola bahwa setiap terjadi gol ke gawang lawan maka skor yang diperoleh adalah satu namun untuk pertandingan olahraga bola basket ada tiga jenis skor yang diberikan kepada tim yaitu terdiri dari :
  1. Skor Tiga angka akan diberikan kepada tim untuk setiap bola masuk yang dicetak atau dilakukan dari luar garis tiga angka.
  2. Skor Dua angka akan diberikan kepada tim untuk setiap bola yang masuk dari dalam garis tiga angka
  3. Skor Satu angka akan diberikan kepada tim untuk setiap bola yang masuk untuk setiap tembakan bebas.
Jika personel tim memiliki keterampilan yang cukup bisa diandalkan tembakan yang dicetak diluar garis tiga angka akan mempercepat perolahan skor pertandingan tetapi tentu karena bola basket merupakan pertandingan bukan perorangan maka kerja tim sangat mempengaruhi kemenangan dalam sebuah pertandingan bola basket.

Silakan simak Pengenalan Dasar-Dasar Permainan Olahraga Bola Basket

Lama Pertandingan dan Aturan Olahraga Bola Basket

Pertandingan olahraga bola basket dibagi menjadi 4 Quarter dan masing-masing quarter berlangsung selama 8 hingga 12 menit atau dengan pertandingan ini dibagi kedalam 2 babak yang masing-masing berlangsung selama 20 menit.
Para pemain bola basket harus memiliki stamina yang kuat mengingat waktu pertandingan sekitar 40 menit cukup banyak menguras tenaga para pemain untuk itu dibutuhkan pemanasan sebelum melakukan pertandingan untuk menghindari terjadinya kecelakaan seperti kaki terkilir dan lain sebagainya. Lalu bagaimana aturan dalam pertandingan olahraga bola basket?

Berikut aturan dan tatacara dalam pertandingan permainan olahraga bola basket.

setiap pemain dalam pertandingan bola basket diperbolehkan melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali pelanggaran jika lebih dari lima kali pelanggaran maka tidak diperbolehkan namun untuk para pemain seperti NBA pelanggaran boleh dilakukan paling banyak 6 kali pelanggaran dikarenakan waktu permainannya lebih lama dan gaya permainannya lebih berat dibandingkan dengan para pemain biasa. Apabila seorang pemain dilanggar pada saat melakukan tembakan maka akan diberi dua tembakan bebas dan tiga tembakan bebas diberikan apabila pemain lawan sedang melakukan tembakan tiga angka.
Olahraga Bola Basket Perempuan FOTO: Google

Membawa bola ke keranjang lawan dapat dilakukan dengan cara mendribel dan juga bisa dilakukan dengan cara mengumpan kepada pemain lawan dalam satu tim jika dirasakan perlu untuk mengumpan. Lalu bagaimana salah satu pelanggaran yang terjadi dalam pertandingan bola basket ini? Apabila salah seorang pemain berhenti mendribel dan kemudian mendribel kembali dalam istilah lain double dribel atau pelanggaran ketikan telah berhenti mendribel dan bejalan lebih dari satu langkah sebelum pemain tersebut mengumpan bola ke pemain lainnya atau menembak (traveling) maka pemain tersebut berarti telah melakukan pelanggaran maka bola akan diberikan kepada tim lawan mainnya. Tim penyerang memiliki batas waktu tertentu untuk membawa bola setelah melewati garis tengah lapangan pertandingan bola basket.
Para pemain yang melakukan serangan tidak diperbolehkan berada pada daerah terlarang lebih dari 3 detik dalam sekali waktu atau dapat diistilahkan pelanggaran tiga detik.

Bagaimana untuk pemain/tim yang melakukan pertahanan dalam permainan bola basket?

Setiap pertandingan ada teknik menyerang dan ada juga teknik untuk bertahan. Para permain atau tim yang melakukan pertahanan dapat melakukan atau menggunakan segala jenis pertahanan yang mereka inginkan. Teknik pertahanan dalam pertandingan olahraga bola basket ada beberapa jenis misalnya teknik satu lawan satu, zona, teknik kombinasi, teknik tekanan, teknik menjebak dan lain sebagainya. Time Out boleh diajukan atas permintaan masing-masing tim baik kawan maupun lawan selama pertandingan berlangsung dan ini juga bisa dikatakan sebagai strategi bertahan bagi tim, selain digunakan untuk melakukan strategi bertahan time out juga dapat digunakan sebagai waktu istirahat sejenak untuk mengumpulkan energy atau mengatur pernafasan, minum namun tidak disarankan untuk minum secara berlebihan.

Ancaman dikeluarkan bagi pemain atau tim yang melanggar aturan.

Pelanggaran Permainan Bola Basket FOTO:ahnheegi.blogspot.com
Seluruh peserta dalam pertandingan permainan olahraga bola basket diharuskan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh asosiasi bola basket atau liga baik itu para pemain, pelatih maupun penonton pertandingan karena apabila ada hal yang dilanggar atau tidak sesuai dengan aturan maka pemain atau bahkan tim dikhawatirkan terancam dikeluarkan dari pertandingan yang sedang berlangsung. Dengan kata lain ancaman tidak akan berpengaruh apabila pada pemain mampu bersikap atau bertanding secara sportif. Oleh karena itu sportivitas sangat diperlukan dalam setiap pertandingan olahraga tak terkecuali olahraga bola basket. Sportivitas memang terkadang tidak dapat didefinisikan secara definitive namun sportivitas dalam pertandingan bola basket memiliki keterkaitan antara bagaimana saling menghargai para pemain lawan, mematuhi peraturan pertandingan, menghormati dan menghargai pemimpin pertandingan dan mampu memainkan peran sebagai seorang pemain dan tim mereka di lapangan.
Jika salah satu pemain dalam pertandingan bola basket ada hal yang melakukan pelanggaran misalnya berkata tidak sopan atau kasar terhadap pemain lawan yang dapat menimbulkan kejengkelan dan pada akhirnya menimbulkan adu mulut atau bahkan berkelahi di lapangan pertandingan atau bahkan melawan pemimpin pertandingan maka ini sudah dikatakan sebagai tindak tidak sportif dan mampu mengakibatkan pamain untuk dikeluarkan karena dianggap melanggar aturan pertandingan.

Baca : Ingin Tahu Sejarah Perkembangan Olahraga Bola Basket dari Tahun ke Tahun

Aturan dasar pertandingan bola basket secara umum memang tidak jauh berbeda dengan pertandingan pertandingan olahraga lainnya namun bagi mereka yang gemar atau memiliki hobi bermain bola basket hal ini dirasa tidak begitu menjadi beban, bahkan dengan aturan yang jelas pemainan dalam pertandingan olahraga bola basket akan dirasa menjadi lebih menyenangkan.
Demikian semoga bermanfaat. Salam sportivitas
Reaksi: 

Related

Olahraga 129728191332389977

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item