Sejarah Kecamatan yang ada di Kota Batam

Sejarah Kecamatan yang ada di Kota Batam - Tahukah Anda Batam ? Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam nomor: 2 tahun 2005, tentang Pemekaran, Perubahan, Pembentukan Kecamatan dan Kelurahan dalam Daerah Kota Batam, Dimana Kecamatan Batam Kota merupakan salah satu dan bagian Kecamatan yang dimekarkan dari Kecamatan Induk yaitu Kecamatan Nongsa. Pemekaran Kecamatan Nongsa terbagi menjadi 2 (dua) Kecamatan yaitu Kecamatan Batam Kota terdiri dari 6 (enam) Kelurahan (TelukTering, Taman Baloi, Sukajadi, Belian, Sungai Panas, Baloi Permai dan Kecamatan Nongsa terdiri dari 4 (empat) Kelurahan (Batu Besar, Nongsa, Kabil, Ngenang).
Adapun efektivitas operasional Kecamatan Batam Kota direalisasikan pada tanggal 3 Juni 2006 yang seiring dengan dilantiknya Camat Batam Kota, Sekcam dan 6 (enam) Lurah yang ada Kecamatan Batam Kota.

Untuk Kecamatan Batam Kota yang wilayah kerjanya merupakan Pemekaran dari Kecamatan Nongsa, juga bergabung 1 (satu) Kelurahan yang sebelumnya berada dalam wilayah kerja Kecamatan Batu Ampar yaitu wilayah Kelurahan Bukit Jodoh yang berubah namanya menjadi Kelurahan Sungai Panas.

Tujuan Pemekaran Kecamatan

Tujuan dari pelaksanaan Pemekaran Kecamatan dan Kelurahan ini yaitu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi wilayah yang di sejalankan dengan upaya memperpendek rentang kendali secara organisasi Pemerintahan dan juga dalam upaya memberikan pelayananan terbaik dalam masyarakat dengan mengacu pada SPP (Standard Pelayanan Public) yang memuat antara lain ; syarat, lama waktu proses, serta pembiayaan yang ditampilkan dalam bentuk papan informasi untuk diketahui secara umum dengan mengedepankan aspek Transparansi, Objektifitas, Standard, partisipasi kesetaraan, daya tanggap, pengawasan,  efisiensi dan efektifitas serta profesionalisme.

Hal ini diterapkan agar masyarakat dapat mengerti dan memahami aturan serta peraturan yang berlaku dalam rangka pencerdasan masyarakat yang bermuara kepada tertib administrasi Pemerintahan Kecamatan Batam Kota menuju pelayanan yang prima kepada masyarakat.


Sumber : http://skpd.batamkota.go.id/batamkota/?page_id=35


Related

Sejarah 1428600543353145215

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item