Sejarah Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong

Sejarah Kecamatan Haruai  Kabupaten Tabalong - Pada awalnya  Kecamatan Haruai adalah salah satu kecamatan tertua dari lima kecamatan yang ada di Kebupaten Tabalong yang berdiri sejak tahun 1965 bertepatan dengan dibentuknya Kabupaten Tabalong berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1965 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II Tanah Laut, Daerah Tingkat II Tapin dan Daerah Tingkat II Tabalong ( Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 51, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 2765), dengan luas wilayah lebih kurang 1.187.27 km2.

Mengingat luasnya wilayah, Kecamatan Haruai dalam menjalankan roda pemerintahannya dibantu  dua kecamatan perwakilan yaitu Kecamatan Perwakilan Upau dan Kecamatan Perwakilan Bintang Ara. Namun dalam kurun waktu beberap tahun kemudian seiring dengan perkembangan penduduk yang sangat pesat baik lokal maupun pendatang serta untuk untuk memperlancarkan pelayanan terhadap masyarakat maka Pemerintah Kabupaten Tabalong secara defininif memekarkan Kecamatan Haruai menjadi tiga kecamatan,  yaitu Kecamatan Upau, Kecamatan Bintang Ara dan Kecamatan Haruai sendiri.

Kecamatan Haruai adalah salah satu kecamatan diantara 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong. Kecamatan Haruai terdiri dari 13 desa dengan Ibukota Kecamatan berada di Desa Halong.

Secara umum letak geografis Kecamatan Haruai berada di wilayah Kabupaten Tabalong dengan posisi geografis 20 Lintang Selaan dan 1160 Bujur Timur. Kecamatan Haruai berada pada  ketinggian  400 – 700 Meter di atas permukaan laut. Luas wilayah Kecamatan Haruai 469.77 km2,  dilalui  oleh dua buah sungai yaitu Sungai Tabalong Kiwa dan Sungai Tabalong Kanan. Sedangkan desa yang terluas wilayahnya adalah Desa Hayup 76,00 Km2 dan desa yang terkecil adalah Desa Catur Karya dan Suriyan 10.00 Km2

Secara Administratif Kecamatan Haruai berbatasan dengan :

    Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Muara Uya
    Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Murung Pudak dan Tanjung
    Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Upau
    Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Bintang Ara

Sumber : http://kecamatanharuai.wordpress.com/sejarah/sejarah-kecamatan-haruai/


Reaksi: 

Related

Sejarah 7871143589833900194

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item