Komponen Router

Berikut beberapa komponen yang menyusun sebuah Router
  1. CPU, Central Processing Unit mengeksekusi instruksi pada OperatingSystem. Fungsi yang lain adalah inisialisasi sistem, fungsi routingdan mengontrol network interface. Router yang besar memilikibeberapa CPU.
  2. RAM, Random Access Memory digunakan untuk informasi routingtable, fast switching cache, running configuration dan packetqueque. RAM biasanya dibagi dua secara logik yaitu memoriprocessor utama dan memory shared input/output (I/O). Memoryshared I/O adalah berbagi antara berbagai interface I/O untukmenyimpan paket secara sementara. Isi RAM akan hilang begitupower dari Router dimatikan.
  3. Flash, digunakan untuk menyimpan keseluruhan IOS(Internetworking Operating System) software image. Routerumumnya mencari operating system pada flash. IOS dapatdiupgrade dengan mengisi IOS baru pada flash. IOS mungkinberbentuk compressed atau uncompressed.
  4. NVRAM, Nonvolatile Random Access Memory (NVRAM) digunakanuntuk menyimpan startup configuration. Di beberapa perangkatNVRAM diimplementasikan menggunakan EEPROM yang terpisahdari perangkat tersebut.
  5. Bus, kebanyakan router berisi sebuah system bus dan CPU bus.System bus digunakan untuk komunikasi diantara CPU daninterface. System bus mengirimkan data dari dan ke interface. CPUbus digunakan oleh CPU untuk mengakses komponen dari mediapenyimpan router.
  6. ROM, Read Only Memory digunakan untuk menyimpan permanenstartup diagnostic code (ROM Monitor). Tugas utama untuk ROMadalah diagnosa hardware selama router melakukan bootup danmemindahkan software IOS dari Flash ke RAM.
  7. Interface adalah koneksi router keluar. Ada tiga tipe interface yaituLocal Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) danManagement. Interface LAN biasanya berupa salah satu dari jenisEthernet atau Token Ring. Interface WAN termasuk serial, ISDNdan integrated Channel Service Unit (CSU). Management port berisiport Console dan AUX adalah port serial yang digunakan untukmenghubungkan router dengan administrator. Port ini bukanmerupakan port jaringan. Port ini menggunakan aplikasi tertentuyang dijalankan pada sebuah komputer yang dihubungkan melaluiport komunikasi pada komputer atau menggunakan modem.

Related

Internet 5780554535983327625

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item