Karakter Gaya Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas untuk Meningkatkan Pembalajaran

Berbagai karakter siswa bisa ditemukan ketika penyampaian materi pelajaran yang disampaikan seorang guru di kelas. Tentu guru yang sudah banyak pengalaman dalam menghadapi siswa di kelas ketika penyampaian materi bisa mengkategorikan beberapa karakter siswa. Guru harus mengetahui dan menyadari bahwa setiap siswa mempunyai cara sendiri yang optimal dalam mempelajari informasi baru yang diterimanya. Banyak sekali yang mempengaruhi cara belajar siswa hal ini mencakup factor-faktor fisik, emosional, sosiologi, dan lingkungan. Jika kita lihat di lapangan seorang guru akan menemukan beberapa siswa akan dapat belajar secara baik apabila berkelompok sementara itu ada juga siswa yang akan bisa belajar secara maksimal apabila ia belajar secara sendirian. Bahkan ada juga sebagian siswa memerlukan music sebagai latar belakang pengantar belajarnya tetapi siswa yang lainnya akan tidak berkonsentrasi apabila ada suara lain selain pelajaran yang disampaikan guru.
Ada 3 kategori utama yang perlu diketahui  seorang guru dalam melihat gaya belajar siswanya yaitu
  1. Bagaimana menyerap informasi dengan mudah (modalitas)
  2. Bagaimana cara mengatur dan mengolah informasi dengan mudah tersebut (didominasi otak)
  3. Kombinasi keduanya, baik dalam neyerap informasi, mengatur, maupun mengolah informasi tersebut.
Orang yang tidak memiliki gaya belajar, maka ia tidak dapat melihat, mendengar, bahkan merasakan.  Gaya belajar siswa akan berbeda seperti yang telah diuraikan diatas dan gaya belajar ini akan mempengaruhi penyerapan materi yang diajarkan. Ada siswa yang mampu dan cepat mempraktekkan apa yang mereka pelajari dan bahkan ada pula yang sangat lamban. Ada beberapa jenis gaya belajar siswa
  1. Pelajar visual, Tipe pelajar ini merupakan tipe pelajar yang apabila ia menggunakan indra penglihatannya akan bisa belajar secara baik dengan kata lain gaya belajar pelajar visual ini merupakan kombinasi antara menyerap, mengatur, dan mengolah informasi belajar dengan cara melihat. Biasanya pelajar visual ini  mempunyai ciri apabila ia meilhat pelajaran dalam bentuk slide misalnya akan lebih mudah diserap dibandingkan dengan mendengarkan guru berbicara dan lebih suka membaca daripada dibacakan, sering menjawab pertanyaan dengan pertanyaan singkat misalnya “YA” atau “TIDAK”
  2. Pelajar Auditorial, merupakan pelajar atau siswa yang akan lebih baik belajar dengan menggunakan indra pendengarannya bukan indra penglihatannya. Pelajar ini biasanya gampang sekali dengan keributan, senang membaca dengan keras, materi mudah diserap apabila belajar dengan mendengar dan mengingat apa yang pernah didiskusikan daripada yang dilihatnya.
  3. Pelajar Kinestetis, merupakan pelajar atau siswa yang dapat atau mampu menyerap pelajaran yang disampaikan guru dengan baik apabila menggunakan grakan atau sentuhan, pada tipe pelajar ini guru harus bisa menggunakan alat bantu mengajar untuk menimbulkan rasa ingin tahu, guru juga harus bisa memperagakan konsep sambil memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari tahap demi tahap. Mtivasi kepada siswa sangat penting dalam hal ini.
Bagaimana cara sukses meningkatkan belajar aktif di kelas silakan lihat artikel yang pernah saya tulis tentang Bagaimana cara Meningkatkan Pembelajara Aktif pada siswa di kelas
Reaksi: 

Related

Pendidikan 9051827982511150938

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item