Padamu Negeri Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan



Padamu Negeri (singkatan dari Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan - Penjaminan Mutu pendidikan (BPSDMPK-PMP). Padamu Negeri dibangun sebagai pusat layanan data terpadu yang bersumber dari/ke sistem transaksional BPSMPK-PMP Kemdikbud lainnya, meliputi: Evaluasi Diri Sekolah (EDS), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Sertifikasi PTK, dan Diklat PTK.

Padamu Negeri juga terbuka untuk menjadi salah satu layanan pusat sumber data bagi program-program terkait lainnya baik di lingkungan internal atau eksternal Kemdikbud. Melalui Padamu Negeri ini, BPSDMPK-PMP berupaya mendorong terwujudnya program-program pembangunan untuk peningkatan Mutu Pendidikan Nasional baik di tingkat pusat dan daerah secara terpadu yang berbasis pada data-data yang faktual, transparan, obyektif, akurat, akuntabel dan berkesinambungan. Program Padamu Negeri dapat bersinergi dengan programprogram

Padamu Negeri menjalankan fungsi-fungsi e-Adminstrasi PTK mulai dari pengelolaan basis data PTK (data pengawas, data kepala sekolah, data guru, dan data staf kependidikan), penyediaan portofolio setiap PTK, dan menjamin proses administrasi PTK berjalan dan terkontrol secara tersistem (proses mutasi, pengaktifan PTK, penon-aktifan PTK, alih fungsi, pengajuan NUPTK baru, verifikasi dan validasi PTK, evaluasi diri dan informasi-informasi terkait pelaksanaan dan tata seleksi diklat pengembangan individu). Bisnis proses dalam administrasi PTK layanan Padamu Negeri dilakukan secara berjenjang baik secara tugas maupun naungan kedinasan. Mulai dari tata kelola di tingkat sekolah, dinas kabupaten/kota, hingga dinas pendidikan dan LPMP di tingkat propinsi.

APA YANG DIMAKSUD SIAP ONLINE?

SIAP Online merupakan merupakan layanan Software as a Services (SaaS) yang terdiri dari serangkaian layanan modul aplikasi yang terintegrasi antara satu dengan yang lainnya untuk memberikan kemudahan pada pengelolaan data & informasi kependidikan, pembelajaran serta komunikasi interaktif bagi seluruh komunitas pendidikan secara online. Beragam layanan modul aplikasi pengelolaan data dan informasi kependidikan disediakan oleh SIAP Online yang diperuntukkan bagi sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), siswa, alumni dan orang tua. Seluruh data dan informasi pendidikan terintegrasi secara menyeluruh mulai dari Dinas Pendidikan tingkat daerah sampai Dinas Pendidikan tingkat pusat. Mengusung platform SaaS, SIAP Online memiliki beberapa fitur dan keunggulan sebagai berikut :

Mudah & Tanpa Instalasi, dapat digunakan langsung dengan menggunakan perangkat-perangkat standar (Laptop/PC & koneksi internet) tanpa memerlukan instalasi perangkat lunak atau perangkat server. Akses 24 Jam, dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui perangkat-perangkat komputer, handphone, laptop dan lain sebagainya.Bebas Pemutakhiran, selalu terbarukan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini dan menyesuaikan dengan aturan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Pengguna tanpa batas, akses untuk seluruh komunitas pendidikan yang terintegrasi dengan hak akses sesuai yang dimiliki.

IMPLEMENTASI SIAP PADAMU NEGERI

Untuk implementasi, perlu diperhatikan beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi. Beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi dalam implementasi SIAP Padamu negeri meliputi kebutuhan perangkat dan kebutuhan sumber daya manusia yang dijelaskan dan dijabarkan alam pada bagian dibawah ini. Pada bagian selanjutnya juga dijabarkan pengertian dan laman-laman dasar yang digunakan untuk pengelolaan data Padamu Negeri sebagai pengenalan awal untuk implementasi.

KEBUTUHAN PERANGKAT DAN SUMBER DAYA

SIAP Padamu Negeri dirancang untuk dapat berjalan seringan dan sekompatibel mungkin dengan perangkat-perangkat yang ada. Karena bersifat terpusat dan berbasis web, tidak diperlukan investasi pengadaan server khusus untuk di Dinas Pendidikan maupun sekolah untuk melakukan implementasi SIAP Padamu Negeri. Instalasi perangkat lunak khusus juga tidak diperlukan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk implementasi adalah sebagai berikut :
1. Koneksi internet standar, meskipun tidak disyaratkan secara spesifik, kondisi internet yang dianjurkan adalah sebesar 512 kbps.
2. Perangkat komputer atau komputer jinjing dengan resolusi monitor minimal 1024 x 768 untuk menghasilkan tampilan aplikasi yang nyaman.
3. Aplikasi perambah umum yang lazim digunakan semisal firefox, chrome atau internet explorer.
4. Aplikasi kelola dokumen semisal MS Excel, MS Word dan aplikasi pembaca file berformat PDF

KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA

Meskipunt tetap membuthkan penguasaan akan teknologi internet, tidak dibutuhkan kemampuan penguasaan teknologi internet tingkat mahir untuk dapat mengoperasikan SIAP Padamu Negeri. Pengguna hanya dituntut terbiasa dalam menggunakan aplikasi-aplikasi umum dalam internet. Beberapa diantara adalah :
1. Mampu mengoperasikan perangkat komputer.
2. Memiliki dan terbiasa menggunakan layanan surel (email)
3. Terbiasa dan menguasai aplikasi perambah
4. Terbiasa dan menguasai aplikasi kelola dokumen tingkat dasar.
Reaksi: 

Related

PADAMU NEGERI 917124845258066779

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item