Trik Menciptakan Pembelajaran Aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah

Pembelajaran yang aktif bisa diciptakan oleh guru pengajar. Pembelajaran di kelas harus tidak monoton dan membosankan peserta didik sehingga pada akhirnya ilmu yang diserap oleh peserta didik tidak akan bisa tercapai dengan cepat dan akhirnya peningkatan kualitas pendidikan pun tidak akan pernah tercapai dengan maksimal.
Ada 6 cara untuk menciptakan iklim pembelajaran yang aktif di kelas
  1. Pada pertemuan pembelajaran mintalah siswa untuk membuat pertanyaan atas materi pertemuan dan menukarkannya dengan teman yang duduk di sebelahnya, kemudian mintalah mereka untuk menjawabnya pada pertea tahap pertemuan, pada tahap ini mintalah kepada siswa untuk menjelaskan tingkasan materi yang dibahas atau disampaikan oleh guru sebelumnya, kemudian berikan pandangan dan perkiraan mengenai materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut
  2. Secara periodic, hentikan untuk member penjelasan dan minta siswa untuk membuat ringksan mengenai materi yang telah disampaikan selama kurang lebih 2 menit lalu diskusikan bersama teman-teman yang duduk di sebelahnya selama 2 menit / buat kelompok
  3. Berikan contoh-contoh soal yang menyangkut materi tersebut kemudian minta siswa untuk menyelesaikannya secara bersama-sama dengan bahasa mereka masing-masing bukan dijelaskan oleh guru pengajar
  4. Bentuk kelompok kecil dalam kelas untuk mendiskusikan suatu topic, kemudian latihan mengerjakan soal atau bahkan membuat ilustrasi konsep yang dipelajari pada satu pertemuan tersebut
  5. Pada akhmuan berikutnya (continue)
  6. Mintalah siswa untuk menilai pembelajaran objektif mana yang telah dicapai dengan pembahasan meteri pada pertemuan tersebut
Ke-enam cara untuk menciptakan iklim pembelajaran aktif tersebut harus diperhatikan jika guru atau pengajar ingin menggunakan system pembelajaran aktif di kelas sebagai metode pembelajaran sehingga siswa mampu menyerap materi pembelajaran yang diberikan di kelas secara nyaman, menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.

Untuk menciptakan pembelajaran aktif di kelas dengan tujuan keberhasilan pembelajaran yang optimal guru juga perlu mengetahui situasi dan keadaan siswa agar bisa mengkolaborasikan hal atau metode apa yang perlu diterapkan di kelas.
Reaksi: 

Related

Pendidikan 7664649427866333867

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item