Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika) Tingkat Nasional di Kabupaten Majalengka


Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi

Wow, Destika atau Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi akan dilaksanakan di Kabupaten Majalengka pada September mendatang tepatnya 26-27 September 2014. Menurut informasi yang didapat dari situs Pemerintah Kabupaten Majalengka di www.majalengkakab.go.id bahwa desa yang layak dijadikan tempat untuk dilaksanakan Festival Destika adalah desa Tanjungsari.
Desa ini telah disurvey langsung oleh tim Kemkominfo. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara nasional yang akan diikuti oleh perwakilan dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia. Kegiatan festival ini merupakan kegiatan yang kedua yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Suksesk IT Pendidikan di Jardikas, Kini IT untuk pedesaan

Setelah sukses program pemerintah di bidang TIK pendidikan yaitu program Jardiknas kalo ga salah mulai sekitar tahun 2008 yang bekerjasama dengan Telkom. Kini memerintah melaksanakan program desa membangun. Teknologi Informasi dan komunikasi yang menjadi dasar yang akan dikembangkan ke desa-desa bahwa desa dan masyarakatnya harus melek teknologi informasi. Sampai saat ini di Kabupaten Majalengka sudah ada sekitar 5.000 pemilik blog yang memanfaatkan fasilatas gratis bahkan ada juga yang sudah membeli domain sehingga kelihatan blog profesional. Dari 5.000 pemilik blog namun ada beberapa blog yang aktif dan bahkan satu profil pemilik blog memiliki lebih dai satu alamat blog dan bahkan memiliki puluhan blog etah itu untuk kepentingan bisnis maupun hanya sekedar hoby.

Peluang Bisnis di Blog untuk Masyarakat PEdesaan

Ada berbagai cara bisnis di dunia internet, dari yang gratisan bahkan berbayar. Di Majalengka pun banyak para blogger profesional yang sudah terjun sejak lama dan bahkan sudah menghasilkan penghasilan online jutaan per bulan dan tentunya penghasilan online tersebut tidaklah instan perlu kerja keras dan ketekunan. Kata kunci Majalengka saat ini sudah mencapai 23.700.000 coba saja anda cek di pencarian google dengan mengetikkan kata "majalengka" maka disitu terlihat beberapa situs atau blog yang menggunakan kata Majalengka sudah banyak. Hal ini menandakan Majalengka sekarang sudah kian diperbincangkan. Bagaimana dengan Anda para blogger Majalengka?

Kesiapan Aparat Desa di Bidang IT

Dengan adanya program-program pemerintah ini menjadi peluang bagi masayrakat desa untuk bisa mencari informasi secara cepat dan tepat dan saat ini kebutuhan informasi merupakan hal yang konsumtif. Bukan hanya mencari informasi Masyarakat desa juga bisa mempublikasikan informasi desa yang memiliki potensi dan peluang misalnya suatu desa memiliki potensi wisata yang masih belum banyak dikunjungi tetapi ingin dimanfaatkan maka salah satu teknik promosi yang tidak membutuhkan biaya adalah promosi secara online daripada iklan konvensional. Bahkan ada desa juga yang memiliki kerajinan tangan atau makanan ciri khas juga bisa dipromosikan dan ini menjadi peluang bagi desa tersebut untk meningkatkan tarap hiidup masyarakat. Tentu hal ini tidak terlepas dari SDM yang ada, mungpung masih dini saya kira kesiapan aparat desa di bidang IT harus dimulai sejak sekarang hingga di masa yang akan datang desa sudah siap dengan tantangan-tantangan global duni informasi.

Sekian uraian singkat mengenai Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika) tingkat Nasional semoga hal ini menjadi motivasi bagi seluruh desa yang ada di kabupaten Majalengka untuk maju bersama dalam Majalengka Makmur.
Reaksi: 

Related

Info Daerah 5024801053571468643

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item