Tugas dan Peran Guru


Jika Anda Guru, apa tugas dan peran sebagai Guru
Guru merupakan sosok yang harus "digugu dan ditiru" kalau dalam bahasa sunda. Guru menjadi tugas dan peran yang sangat penting bagi pendidikan di Indonesia untuk mencapai keberhasilan belajar.


Guru yang merupakan salah satu tenaga kependidikan merupakan komponen yang penting dari proses belajar mengajar atau proses pembelajaran lebih-lebih perumusannya dalam kegiatan belajar mengajar. Guru merupakan suatu profesi yang memiliki ciri-ciri khas tertentu atau karakteristik yang membedakan dengan profesi lainnya.
Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik adalah meneruskan dan mengembangkan semua ilmu pengetahuan dan nilai-nilai hidup. Sedangkan mengajar, yaitu meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan melatih ialah mengembangkan berbagai keterampilan siswa.
Guru dapat dikatakan sebagai pendidik dan membimbing, karena dalam pekerjaannya tidak hanya mengajar seseorang agar dari tidak tahu menjadi tahu, tetapi juga melatih berbagai keterampilan  terutama sikap dan mental anak didik. Mendidik mental seseorang tidak hanya mengajarkan seseatu pengetahuan, tetapiu bagaimanakah pengetahuan tersebut disampaikan dengan guru sebagai idolanya. Dengan mendidik dan menanamkan nila-nilai yang terkandung dalam berbagai ilmu pengetahuan melalui contoh atau tauladan dari sikap dan perilaku gurunya, sehingga diharapkan siswa (anak didik) dapat menghayati, kemudian mempribadi dalam dirinya. Jadi seorang guru bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi harus mampu mendidik siswa agar kelak menjadi warga negara yang baik, menjadi individu yang memiliki kepribadian yang baik dan utuh. Mendidik berarti mentransfer nilai-nilai kepada siswanya, dimana nilai-nilai ini diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari. Karena itu kepribadian seorang guru merupakan perwujudan nilai-nilai yang akan ditransfer. Mendidik adalah mengantarkan anak didik agar menemukan identitas dirinya, menemukan eksistensinya. Mendidik adalah memanusiakan manusia. Jadi guru bukan saja pembawa semua ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi tauladan dari seorang pribadi manusia.
Selain sebagai pengajar dan pendidik, guru bisa dikatakan juga sebagai pembimbing, yaitu kegiatan untuk menuntun siswa dalam perkembangannya melalui pemberian lingkungan dan arah yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Sebagai pendidik, guru harus berlaku sebagai pembimbing, dalam arti menuntun sesuai dengan kaidah yang baik dan mengarahkan perkembangan anak didik sesuai dengan tujuan yang diharapkan, termasuk dalam hal ini, ikut memecahkan persoalan-persoalan anak didik. Dengan demikian dapat menciptakan perkembangan lebih baik pada diri siswa, baik perkembangan fisik maupun perkembangan anak didiknya.
Reaksi: 

Related

Pendidikan 8239449854193243735

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item