Keberhasilan Proses Belajar Mengajar
Sebagaimana lajimnya dari suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dan atau sekelompok orang adalah mendambakan tercapainya suatu keberhasilan. Indikator keberhasilan yang diharapkan tentunya memacu kepada tujuan yang hendak dicapai. Hal ini dikarenakan berlangsungnya suatu bentuk kegiatan tidak terlepas dari keberadaan tujuan itu sendiri. Dalam arti lain muncul dan berkembangnya kegiatan yang dilakukan berdasarkan pada tujuan. Demikian pula halnya dengan kegiatan pembelajaran atau proses belajar mengajar yang merupakan kegiatan bertujuan sebagai inti dari proses pendidikan.
Keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar ditentukan tercapai tidaknya tujuan yang dirumuskan sebelumnya. Semakin tinggi tingkat pencapaian tujuan pembelajaran maka akan semakin tinggi pula derajat keberhasilan Proses Belajar Mengajar yang dilaksanakan. Dengan demikian keberhasilan proses belajar mengajar berdasar uraian di atas dapat diartikan sebagai tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik.
Namun demikian pencapaian tujuan itu tentunya tidak begitu saja terjadi, melainkan ditentukan oleh kualifikasi proses yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran untuk pencapaian tujuan termaksud. Artinya bahwa kriteria keberhasilan Proses Belajar Mengajar tidak hanya ditentukan berdasarkan tingkat pencapaian tujaun semata, melainkan juga ditentukan oleh prosesnya.
Apakah Anda punya informasi menarik?? Kirim email
Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah