Membuat Rangking Nilai Ujian dengan excel

Rumus rangking untuk nilai raport
Rumus mencari ranking nilai ujian, Nilai si Nunut adalah 90, Nilai si Danil adalah 75, nilai si Emon adalah 70, Nilai si Antay adalah 95. Jika kita urutkan berdasarkan nilai ranking maka di excel dapat dirumuskan seperti gambar berikut.


Permasalahan disini jika jumlah jumlah nilai terdapat dua angka yang sama, contoh si Antay jumlah nilainya 95 dan si Danil juga jumlah nilainya 95, maka disini bisa menjadi permasalahan buat para pengguna excel. Tapi tenang ada rumus tambahan dalam mengatasi masalah excel ini. Untuk menjadikan hasil RANK nya hanya muncul sekali, rumus di atas harus dikombinasikan dengan fungsi COUNTIF mencari berapa kali nilai tersebut muncul, fungsi COUNTIF di jika hanya 1 angka yang ada akan menghasilkan nilai 1, oleh sebab itu harus dikurangi dengan angka 1 di bagian akhir. Dengan tambahan rumus COUNTIF maka bisa menghasilkan hanya ada 1 Rangking yang muncul, dengan asumsi urutan pertama akan mendapatkan rangking lebih atas. Warna biru gambar di bawah sudah menjadi angka yang unik, tidak muncul 2 kali.


Terkadang disini kebutuhan user untuk sebuah informasi nilai sangatlah kurang sempurna jika urutan Rangking masih acak. Maka untuk mengurutkan hasil rumus Rangking maka kita tambahkan rumus sebagai berikut. Pertama menentukan nilai Rangking tiap nama, selanjutnya bisa untuk menentukan nilai Rangking secara urut dengan gabungan fungsi excel INDEX & MATCH. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut.



Apakah Anda punya informasi menarik?? Kirim email
Jika kebingungan dengan tutorial rumus rangking, silakan download filenya di bawah ini
Download File
Reaksi: 

Related

Tips dan Trik 6477202188420423078

Posting Komentar

  1. aPA YANG BISA DIBANGGAKAN DARI MAJALENGKA? JAWABBBBBBB!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. domain univeritas-majalengka.ac.id expire

    BalasHapus
  3. lagi ada masalah di kepemimpinannya

    BalasHapus

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item