Orang Sukses dari Majalengka


Pengusaha Sukses Kelahiran Majalengka
Siapa orang sukses yang lahir dari Majalengka? Saya yakin pasti Anda tahu William Soeryadjaya Pendiri PT. Astra Internasional? anda juga tahu bola sepak yang dipakai di Sepak Bola Dunia (FIFA) Irwan Suryanto Direktur PT.. Sinjaraga Santika Sport?.

Berikut adalah cerita sukses kedua pengusaha besar asal Majalengka

  1. William Soeryadjaya, William Soerjadjaja (lahir di Majalengka, 23 Desember 1923 – meninggal di Jakarta, 2 April 2010 pada umur 86 tahun) adalah seorang pengusaha Indonesia yang menjadi terkenal karena suksesnya membangun PT Astra Internasional, sebuah perusahaan besar di Indonesia. William dikenal dengan sebuatan "Oom Willam".

  2. William dilahirkan dengan nama Tjia Kian Liong, sebagai anak kedua dari enam bersaudara. Namun di antara saudara-saudaranya, ia adalah anak laki-laki yang pertama.

    Kedua orangtuanya meninggal pada waktu ia berusia 12 tahun.Ayahnya meninggal dunia pada Oktober 1934, disusul oleh ibunya pada Desember 1934. William, dalam usia yang masih sangat muda, melanjutkan usaha ayahnya, berjualan hasil bumi.Ia tampaknya mewarisi bakat dagang ayahnya.

    Sewaktu bersekolah di HCZS (Hollands Chinesche Zendingsschool) di Kadipaten, pada masa penjajahan Belanda, ia sempat tidak naik kelas. Namun karena ketekunannya, ia berhasil melanjutkan pendidikannya ke MULO di Cirebon. Namun kembali ia tinggal kelas. Dari pelajaran-pelajaran yang diberikan di sekolah, William paling menyukai pelajaran ekonomi dan tata buku. Dengan kedua pelajaran inilah ia membangun seluruh usahanya.

    Ketika Mendirikan Astra
    Pada tahun 1957, William bersama adiknya, Tjia Kian Tie, dan temannya, Lim Peng Hong, mendirikan PT Astra yang belakangan berkembang menjadi PT Astra Internasional.Astra awalnya memasarkan minuman ringan dan mengekspor hasil bumi. Usaha otomotif dimulai pada tahun 1968-69. Saat itu Astra mulai mengimpor truk Dalam waktu 13 tahun saja, sudah 72 perusahaan yang bernaung di bawah bendera grup itu.Ketulusan Taipan Panutan - Biografi Tokoh Indonesia|accessdate=2010-04-04}} Pada akhir tahun 1992, jumlah perusahaannya sudah mencapai sekitar 300 buah, bergerak di berbagai sektor: otomotif, keuangan, perbankan, perhotelan dan properti.

    William selalu mengutamakan pengembangan kemampuan dan peningkatan pendidikan sumber daya manusia. Hal ini dijalankannya dalam berbagai program pelatihan dan beasiswa untuk karyawan. Pada tahun 1970-an, banyak karyawannya yang dikirimnya ke Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang untuk belajar.

    William tidak membeda-bedakan karyawannya. Di Astra, banyak tenaga kerja pribumi yang dipekerjakannya, dari tingkat karyawan biasa hingga pimpinan. Ini merupakan wujud kecintaan dan kebanggaannya sebagai orang Indonesia.

    William sangat mengutamakan nilai-nilai naluri, loyalitas, dan rasa percaya dalam merekrut karyawan.Karyawan dipacu untuk mengembangkan kreativitas mereka dengan menghargai inovasi bisnis mereka untuk diuji coba.

    Pada 1992-1993 Astra sempat jatuh ketika bisnis Edward Soerjadjaja, anak sulungnya, ambruk. William pun terpaksa melepaskan banyak sahamnya di PT Astra sebagai bentuk tanggung jawab pribadinya dan pengorbanannya demi anaknya.William menjalani semuanya dengan pasrah dan penyerahan. Belakangan William berhasil bangkit lagi. Ia membeli 10 juta saham PT Mandiri Intifinance dan berinvestasi dalam pengembangan usaha petani kecil serta usaha-usaha kecil dan menengah.

    Sebagai pengusaha sukses, William mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan dari dalam maupun luar negeri.


  3. H. Irwan Suryanto, Direktur PT Sinjaraga Santika Sport adalah pengusaha bola standar sertifikasi Badan Sepak Bola Dunia (FIFA). Produk PT Sinjaraga Santika Sport dikenal dengan Triple’S yang beralamat di Jl. Liangjulang No. 104 Kadipaten-Majalengka West Java - Indonesia 45452. Produk bola dari perusahaan ini telah mendapatkan pengakuan Internasional dengan memiliki ISO 9001–2000 / SNI 19-9001-2001, Sertifikat FIFA, FIBA dan sertifikat khusus untuk masyarakat Eropa dari negara Italia CE Mark No. 0376. Kualitas bola mengacu kepada standar FIFA yang telah diuji melalui riset dan pengembangan yang secara terus menerus.
  4. Bola Majalengka perusahaan PT. Sinjaraga Santika Sport ini dikerjakan oleh 200 karyawan dan 2.500 penjahit lebih yang memberdayakan masyarakat sekitar untuk pengerjaannya, perusahaan bola majalengka ini dipimpin oleh Irwan Suryanto selaku Direktur Utama PT. Sinjaraga Santika Sport. PT. Sinjaraga Santika Sport memproduksi beberapa jenis bola diantaranya bola Sepak, bola volly, bola futsal, dan bola basket.Dalam produksinya perusahaan bola Majalengka bisa memproduksi sekitar 80.000 - 100.000 perbulan tapi saat even-even tertentu misalnya piala dunia bola majalengka bisa memproduksi lebih dari 200.000 per bulan.

    Nama Irwan kini tidak asing lagi di dunia usaha, khususnya dalam bisnis peralatan olahraga. Melalui bisnisnya, pria kelahiran Majalengka ini mengharumkan bola buatan Indonesia di kancah dunia, sekaligus membuka lapangan kerja bagi warga Majalengka. Namun, di balik itu semua, ada perjuangan keras yang telah dilaluinya.

Demikian sekilas tentang para pengusaha sukses asal Majalengka, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi motivasi bagi para pengusaha putra putri daerah Majalengka untuk lebih maju lagi.

Related

motivasi 5542187148696901244

Posting Komentar

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item