Contoh Proposal Lomba Cerdas Cermat

Yatna Supriyatna | 11.38 | 1 komentar


Download Proposal Lomba Cerdas Cermat SMA
Proposal Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA sederajat yang saya upload pada posting kali ini adalah hanya contoh proposal saja namun untuk lebih optimal silakan Anda edit kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing

A. LATAR BELAKANG

Nafion character building mempunyai lisensi mengeliminasi kehancuran serta membentuk insane yang dapat bekerjasama secara tangguh yang dapat dijadikan modal dalam suatu kompetisi (Seminar pengembangan karakter bangsa, majalengka, 13-10-2011).

Sementara itu, karakter siswa yang destruktif adalah akibat konvensasi dari waktu yang terulang, diluar kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakan suatu kegiatan dalam mengisi waktu yang terluang untuk mengembangkan siswa berkompeten dan berkarakter, sehingga siswa memiliki self compidence untuk dapat berkompetisi.

Disisi lain, gendering kompetisi semakin semarak dikumandangkan oleh institusi pendidikan maupun non pendidikan melalui berbagai ajang lomba. Dengan mengusung pendidikan berkarakter, maka sudah seharusnya SMA egeri 1 Rajagaluh mem-backup siswa-siswi yang kompeten, yang selalu siap berkompetensi di berbagai ajang lomba.

Lomba cerdas cermat ekonomi adalah suatu solusi untuk mengembangkan siswa berkarakter, meningkatkan kompetensi serta berkompetensi, khususnya dalam bidang ekonomi

B. LANDASAN

· Konfirmasi Kepala SMA Negeri 1 Rajagaluh, atas hasil rapat para Wakil Kepala Sekolah dan rapat para komisi, tentang Program KIR, Olympiade, dan lomba akademis

· Surat Tugas dari Kepala SMA Negeri 1 Rajagaluh

· Kesepahaman bersama Pembina KIR Ekonomi, MGMP Ekonomi, Wakasek Bidang Kesiswaan, dan wakasek bidang kurikulum

· Program KIR Ekonomi tahun 2011/2012

C. TEMA

Lomba Cerdas Cermat Ekonomi SMA Negeri 1 Rajagaluh memotivasi peningkatan kompetensi dan semangan berkompetisi

D. TUJUAN

Siswa dapat meningkatkan kompetensi ekonomi dan selalu siap melakukan kompetisi untuk berbagai lomba bidang ekonomi

E. SASARAN

· Siswa dapat menjawab secara cepat dan tepat soal dan persoalan ekonomi

· Siswa selalu siap untuk melakukan kompetisi untuk berbagai lomba bidang ekonomi

· Siswa memiliki karakter rajin belajar

· Siswa memiliki karakter bertanggung jawab

· Siswa memiliki karakter sportif

F. SK, KD, DAN INDIKATOR

Mengacu pada silabus olympiade ekonomi Indonesia dan silabus kurikulum sesuai dengan tingkatan / kelas siswa

G. METODE DAN PENDEKATAN

· Metode Koorperatif, yaitu kebersamaan dalam memecahkan soal dan persoalan ekonomi

· Pendekatan

- Kontekstual, yaitu sesuai karakter soal ekonomi yang berangkat dari fakta atau gejala nyata

- Problem solving, yaitu pemecahan soal ekonomi sampai posing dengan dipahami

- Critica/thinking, yaitu potensi berpikir untuk menjawab soal ekonomi secara cepat dan tepat

H. PRINSIP-PRINSIP

· Maksimal, penguasaan materi ekonomi secara maksimal sesuai tingkatan /kelas

· Kecepatan, dalam menjawab soal harus cepat

· Hati-hati, soal dapat dijawab dengan tenang dan hati-hati

· Penuh perhitungan, dapat memperhitungkan kemampuan sendiri dan lawan serta skor yang ada

· Cerdas, dapat mengambil peluang atau kesempatan selama menjawab soal

I. AGENDA KEGIATAN

Hari ke I

Sosialisasi, pendaftaran, dan technical meeting

Hari ke II

Penyelesaian soal ekonomi berkelompok

Kelas X : fungsi permintaan, fungsi penawaran, harga keseimbangan, elastisitas harga, indeks harga dan fungsi konsumsi, tabungan dan investasi

Kelas XI : siklus akuntansi perusahaan jasa

Kelas XII : siklus akuntansi perusahaan dagang

Hari ke III

Lomba cerdas cermat ekonomi

Season 1 : Kelas X1, X3, X5, X7

Season 2 : kelas X2, X4, X6, X8

Hari ke IV

Lomba cerdas cermat ekonomi

Season 1 : kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4

Season 2 : kelas XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3, XII IPS 4

Hari ke V

Lomba cerdas cermat ekonomi

Season 1 : semi final kelas X

Season 2 : finas kelas X, XI IPS, dan XII IPS

J. PEMBIAYAAN

1. Print out

a. Proposal : 5 lbr x Rp. 3.000,- = RP. 15.000,-

b. Soal ekonomi : 16 lbr x Rp. 3.000,- = Rp. 48.000,-

c. Data peserta : 1 lbr x Rp. 3.000,- = Rp. 3.000,-

Rp. 66.000,-

2. Foto Copy

a. Lembar Proposal : 5 lbr x 3 x Rp.125,- = RP. 1.875,-

b. Lembar Soal ekonomi : 16 lbr x 2 Rp.125,- = Rp. 4.000,-

c. Lembar Data peserta : 1 lbr x 24 Rp.125,- = Rp. 3.000,-

Rp. 8.875,-

3. Baligho

a. 2 m kain @ Rp. 15.000,- = Rp. 30.000,-

b. Jahit kain = Rp. 10.000,-

c. 10 kertas scot light @ Rp. 3.500,- = Rp. 35.000,-

d. 1 lbr kertas karton = Rp. 5.000,-

e. 1 lem perekat = Rp. 2.000,-

f. 1 double solatif = Rp. 6.000,-

g. 1 rol tali raffia = Rp. 6.000,-

Rp. 94.000,-

4. Trophy 3 paket Piala @ Rp. 60.000,- Rp. 180.000,-

5. Konsumsi 4 pembina x 3 hr x RP. 25.000,- Rp. 300.000,-

Rp. 648.875,-

Fasilitator

KIR/Olympiade Ekonomi

Rajagaluh, 10 Januari 2012

Pembina Lomba

Mengetahui

Kepala Sekolah

Wakasek

Bidang Kesiswaan

Demikian contoh proposal lomba cerdas cemat, semoga bermanfaat.

Category:

Blog orang Majalengka:
Berbagi Informasi online dari blogger orang Majalengka disertai dengan informasi tips dan trik yang bisa disajikan di sini

1 komentar:

  1. terimakasih, info ini sangat menbantu saya. izin kopas

    BalasHapus

Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah

Info Terbaru