Membuat Surat Tugas dengan Mail Merge
http://orangmajalengka.blogspot.com/2010/04/membuat-surat-tugas-dengan-mail-merge.html
Menggabungkan antara Ms. Excel dengan Ms. Word dalam membuat surat tugas
Oke disini saya akan memberikan tutotial bagaimana membuat surat tugas menggunakan mail merge yang menggabungkan antara ms. Word dengan ms. Excel.
Langkah sebagai berikut:
Buka Ms. Excel dan ketikan di cells A1= nomor_surat, B1 = nama, C1 = nip, D1 = pangkat_gol_ruang, E1 = jabatan, F1 = hari_tanggal, G1 = waktu, H1 = tempat, I1 = jenis_tugas, dan J1 = titi_mangsa. Setelah dibuat field pada cells yang telah ada kemudian masukan record (contoh data untuk surat tugas) pada kolom field yang telah dibuat tadi.
Namai sheet dengan “tugas_guru” kemudian simpan dengan nama file data_surat_tugas_guru.
Buatlah sebuah format surat tugas sesuai dengan kebutuhan. Saya contohkan bagaimana membuat surat tugas untuk guru. Field yang dibutuhkan adalah: nomor_surat, nama, nip, pangkat_gol_ruang, jabatan, hari_tanggal, waktu, tempat, jenis_tugas, dan titi_mangsa
Langkah pertama masuklah program Ms. Word kemudian buat master surat tugas dengan field yang telah ditentukan di atas.
Langkah kedua klik menu Tools kemudian klik Letters and Mailings
Pada jendela Mail Merge pilih option Letters kemudian klik next starting document
Pilih use the curent document kemudian klik next select recipienst
Klik browse untuk mengambil data pada Ms Excel “file data_surat_tugas_guru”
Sehingga muncul gambar seperti
Pilih tabel yang telah dibuat pada Ms. Excel yaitu pada sheet “tugas_guru”
Klik OK
Langkah terakhir masukkan field yang ada di Ms.Excel satu per satu.
Selesai
Apakah Anda punya informasi menarik?? Kirim email
Layanan komentar untuk blog orangmajalengka. Silakan tulis komentar Anda di bawah